Kamis, 16 Januari 2014

Jatuh Cinta Padamu Ullen Sentalu

Sunny Sunday,12 jan 14,,
Siang itu saia dan rekan -rekan berkesempatan mengunjungi museum yang membuat diriku sungguh mati aku jadi penasaran ini hiyaaa malah *nyanyi*.Iyaa museum Ullen Sentalu. Museum ullen sentalu merupakan sebuah museum swasta milik yayasan ulating blencong yang berada dikawasan lereng gunung Merapi-Kaliurang-Sleman-Jogjakarta.Museum yang berdiri di atas tanah bernama Taman Kaswargan.Lokasi  ini dipilih lantaran mempresentasikan satu peristiwa besejarah yogjakarta ,yakni kembalinya Yogjakarta sebagai ibu kota negara RI dari genggaman Belanda pada tahun 1949.Kemudian alasan dipilihnya Taman kaswargan sebagai tempat Ullen sentalu dikarenakan letak nya yang tinggi di(lereng gunung merapi). Dalam pandangan filosofis masyarakat jawa,gunung memiliki nilai mistik ,maka dari itu museum ini secara implisit juga menyampaikan bahwa berbagai hal yang direkam,dipamerkan dan dikisahkan dalam 7 ruang eksposnya mempresentasikan keluhuran serta keagungan warisan budaya jawa.
m.anik-m.siska-m.wulan-mus-dee-anche-yolla-irwan dan dd nanum
Nama Ullen Sentalu sendiri merupakan akronim dari ulating blencong ,sejatine tatraning lumaku yang artinya museum ini berfungsi bak lampu penerang bagi kebudayaan jawa yang kian meredup dan terkikis oleh perubahan jaman,yang bisa diartikan juga museum ini memiliki misi sebagai wahana pelestarian kebudayaan jawa masa lalu yang luhur.Begitulah menurut penuturan seorang guide yang menemani kami siang itu.

Museum ullen sentalu,tidak jauh dari kata museum pada umum nya.disini kami mendapat  satu buah tiket masuk setelah menebusnya  di loket,tiket dengan harga 30k untuk dewasa dan 15k untuk child.Kami segera dipersilahkan masuk untuk cek in, istilah yang digunakan untuk masuk dalam museum ini pun berbeda,kami menggunakan istilah cek -in.

berpose di loket
Sedikit terburu-buru memang ,dari pernyataan si mbak reseptionisnya ,kami harus segera menyusul rombongan di depan kami kalo tidak mau menunggu 30 menit kedepan untuk kloter berikut nya ,terpaksa saia dan teman-teman beserta si kecil shanum sedikit kerepotan,pasal nya kali ini kita ingin menikmati ullen sentalu dengan sepenuh hati jadi nya malah separuh hati,bahkan untuk sekedar memotret tiket entri saja,saia tidak sempat,sempat kesal juga dengan ke agresifan si mbak reseptionis ini.Saia pribadi tidak masalah,yang kasian si kecil shanum yang berjalan sedikit tergesa.Dimulai dengan aba-aba,"Lensa,camera henpun dan alat rekam lain -nya minta tlg di masukan ke dalam tas!!," itulah aba aba yang terkesan sangat hitler sekali .yaa kita terima saja,cctv dimana-mana .

Akar pink seperti di film avatar

Memasuki pintu masuk museum Ullen Sentalu ini, kita akan dihidangkan view  hutan dengan pepohonan yang lebat seolah kita dibawa menikmati suasana salah satu scene film-film genre horor.Kemudian diawali dengan memasuki bangunan yang diberi nama Goa Selo Giri, kami sedikit tergesa-gesa menikmatinya bahkan kami sempat tertinggal satu scene di tour de museum ini.Goa selo giri adalah  sebuah goa buatan dengan alur menembus bagian bawah tanah. Bangunan gua ini memang sengaja dibuat berkelok mengikuti kontur tanah yang tidak rata, serta alur pepohonan yang tumbuh dengan rindang,kabarnya dalam pembangunan museum ini pun tidak ada proses pengrusakan alam berupa penebangan pohon. Di dalam bangunan gua ini kami disuguhkan berbagai koleksi seperangkat gamelan yang diletakkan di salah satu sudut ruangan serta koleksi-koleksi foto dan lukisan di bagian lorong-lorong yang menggambarkan kisah kehidupan para tokoh dan bangsawan pecahan dari Dinasti Mataram kuno: Kraton Yogyakarta, Kraton Surakarta, Kraton Pakualaman, dan Kraton Mangkunegaran.

Kemudian berjejer lukisan-lukisan lain,dan salah satunya yang paling berkesan serta mistis adalah lukisan unik di bagian lorong ini, sebuah lukisan  tiga dimensi seorang tokoh putri keraton yang jika kita perhatikan bagian mata dan arah kakinya seolah-olah akan mengawasi saat kami berjalan. seyeemm :

Menyusuri ruangan berikutnya kami  diajak oleh mbak pemandu memasuki ruang Tineke.Dalam ruangan ini terdapat beberapa koleksi tulisan yang berisikan syair-syair Tineke,sepertinya ruangan ini adalah ruangan yang di tunggu -tunggu oleh molidiyah :D,pasal nya doi juga pecinta tulis seperti pitri Tinneke :D ,syair-syair,puisi,surat-surat dari rekan rekan putri Tinneke,serta coretan tangan  yang ditulis dengan apik menggunakan Bahasa Belanda maupun dalam Bahasa Indonesia.Hmmmm,,,mebacanyanya saja saia jadi sedikit anu heheheh.. keren euy!!!.

Beralih ke ruangan berikutnya, kami diajak memasuki satu ruangan  koleksi kain batik dengan corak khas Surakarta, Yogyakarta serta motif pesisiran.Saia jadi sedikit banyak tau tentang corak batik disini,jadi batik juga mengandung banyak unsur filosofis tentang kehidupan.Kemudian kami diajak kembali  memasuki sebuah ruangan  yang diberi nama Ruang Putri Dambaan. Ruangan ini khusus menyimpan koleksi barang-barang milik Gusti Nurul Koesoemawardhani, seorang putri tercantik dari silsilah keluarga Dinasti Mataram yang memiliki hobi berkuda serta memiliki prinsip yang tegas untuk menolak sistem poligami dalam sebuah rumah tangga.Dan konon bapak Presiden RI yang pertama pernah jatuh hati terhadap purti Nurul ini dan sempat melamar beliau,namun karena sang putri adalah penganut prinsip menolak tegas sistem poligami,maka dengan tegas sang putri pun menolak lamaran dari Bapak Soekarno dan sempat dikabarkan bahwa RI satu ini pun pernah galau .Itulah sekelumit kisah yang dipaparkan oleh mbak pemandu yang menemani kami siang itu.

Kemudian kami diajak beralih keruangan lain ruang yang disebut dengan "Bale Nitik Rengganis" ,yaitu dimana dalam ruangan ini  kami dipersilahkan beristirahat sejenak,dan di ruangan ini pun kamera boleh kami keluarkan tentunya untuk narsis dulu :D ,selang beberapa saat di dalam ruangan ini  kami dipersilahkan untuk mencicipi satu gelas minuman hangat  dengan resep rahasia,yang menjadi minuman favorit  khas keluarga keraton yang telah dihidangkan dihadapan kami. Minuman ini memiliki rasa manis khas gula jawa berpadu dengan rempah-rempah dari racikan rahasia, terdapat satu potongan daun pandan yang menambah aroma yang luar biasa. Setiap tegukan dari satu gelas wedang ini memberikan rasa hangat di tenggorokan. Konon, minuman ini memiliki khasiat mengembalikan stamina dan berkhasiat memberikan efek awet muda bagi penikmatnya. 

Setelah beristirahat sejenak,sambil menikmati wedang istimewa ini tour de museum pun dilanjutkan.Kami kembali menyisir lorong ,ahaahhaaa saia menemukan tempat yang begitu istimewa ,sedari awal keinginan mengunjungi ullen sentalu memang ingin mengambil foto di spot ini,terlihat seperti jalanan menuju castil yg ada di film-film gendre horor,namun apalah daya permit untuk mengambil view ini pun tidak kami dapatkan ,yaweslah iklas :(,..Kami kemudian  memasuki ruangan yang diberi nama Sasana Sekar Bawana .Dalam  ruangan ini terdapat satu lukisan raja Mataram serta sebuah patung dengan tata rias khas pengantin wanita Jawa.

Setelah rampung dari sekar bawana,kami dihajak pada spot terbuka yang tampak satu buah restaurant bergaya europe "Beukenhof",yang lebih mirip dengan castil namun sayang kami tidak dapat memasuki ruangan tersebut ,berhubung sedang dalam perbaikan is under cuntruction.Dan disinilah tour de museum berakhir kami bebas mengambil gambar di spot ini.
Restaurant Beukenhof yang dalam renovasi







It's About The Journey, Not The Destination
Jadi bisa saia tarik satu kesimpulan,saia jatuh cinta terhadap museum ini ,ternyata museum ini memiliki daya magis yang kuat,yang menarik sesiapapun yang datang kesana,dan saia pun tergoda,tertarik jatuh cinta pada-nya dan masih ingin kembali kesana.
@junapey^.^

Tidak ada komentar: