Rabu, 23 Oktober 2013

Let Get Lost Sempu Island

Let Get Lost Sempu Island.
Memacu keinginan saya untuk kembali menginjakan kaki di pulau Sempu. Dengan mengiyakan ajakan seorang teman,teman lama yg memang sudah lama sekali tak bertemu sekali nya ketemu langsung meracuni saya untuk mengantarkan ke pulau sempu ahhhaaay dek.Tanggal dan waktu telah di tentukan.Berbagai persiapan telah dilakukan.Tibalah hari yang telah kita sepakati ,berhubung perjalanan kali ini yang tadi nya kita planing ada lebih dari sembilan orang,namun pada hari "h" tinggal menyisakan 6 ekor saja,,heuheuheuu. Di last minute salah seorang teman cancel secara sepihak.yasudahlah terpaksa mau tidak mau kita harus berangkat.

Dan entah bagaimana caranya kami harus berangkat meskipun tinggal 5 ekor saja.Dari yang ingin naek angkot,nyarter angkot,nyewa mobil dan beberapa ide gila lain.Akhirnya kita kembali menghubungi si cewek sejuta pesona si "Maulidiayah",dg lobi yg sangat alot,spik demi spik akhir nya si cewek sejuta pesona takhluk juga,horeee terriaaak lagi.Sambil menunggu kedatangan moli kita berbelanja logistik yang masih kurang.kurang lebih 1 jam logistik beserta team sudah lengkap.Start perjalanan menuju sendang biru dimulai dengan menggunakan 3 sepedah motor.

Tiba di pintu masuk pantai sendang biru sekitar pukul 19.30, meskipun suasana malam hari namun sorot sorot lampu dari kapal kapal nelayan yang ada dipantai sendang biru serta bias bias cahayanya.mampu menjakan mata yg mulai lelah setelah perjalanan malam yg terhitung lebih dari 2 jam. Malam ini adalah malam minggu pantas saja suasana ramai di pantai terlihat muda-mudi yg bermesra saling manja,terlihat juga segerombolan backpaker entah dari mana asalnya,kemudian nampak juga para rider touring yg sempat saya temui.Beberapa rombongan keluarga juga nampak disisi lain dan disusul dengan rombongan-rombongan yang lain yang semakin menambah semarak nya malam di pantai sendang biru.

Berhubung kondisi malam hari dan pos perijinan taman suaka pulau sempu sudah selesai jam kerja nya.Dengan sangat kecewa kami akhir nya menghabiskan malam di TPI pantai sendang biru .Walaupun menginap di TPI mungkin tidak seindah dalam bayangan kita ketika bisa membuka tenda di segara anakan ,tapi tak  apalah itung-itung kapan lagi kita bisa ngeggembel di pelabuhan :D. Tenda berdiri  kami segera bersiap untuk tidur menyiapkan energi untuk esok hari menjelajah hutan eksotis pulau sempu.

Ketika pagi menyapa,kami telah menyiapkan diri solat subuh,kemudian packing
Kami menyeberang menggunakan perahu nelayan dengan jarak tempuh 10 menit. Karena air sedang pasang, perahu tidak bisa berhenti sampai ke tepian, kami harus turun berjalan kaki saat air masih setinggi lutut orang dewasa. Belum apa apa aroma adventure sudah terasa, saya seketika membayangkan diri sedang syuting film dokumenter. Begitu memasuki kawasan konservasi Pulau Sempu tepat pada pukul 05.30, suasananya benar-benar hutan yang alami.

Perjalanan yang diperkirakan akan memakan waktu 1 jam saja, harus molor menjadi 2,5 jam.dikarenakan ketika kita memasuki hutan pulau sempu .saya yg sebagai leader  alias penunjuk jalan dalam perjalanan kita kali ini salah mengambil jalur,dan hasil nya kita kesasar selama satu jam alaamaaaakk down.10 menit berjalan seperti nya saya mulai mengingat bahwa ini adalah jalur yang salah,dan menurut cerita nya jalur yang kita ambil di awal tadi memang jalur khusus kesasar hiyaaaaaaaaaaaaaaaaa.selain kesalahan fatal tidak membawa guide. Keraguan mulai menghantui kami.Beruntung sekali kami kesasar masih di area yang berdekatan dg pintu masuk kami belum terlampau jauh kehilangan arah.fisik mulai lelah , dengan inisiatif saya kali ini saya kembali memimpin,untuk menepis ketakutan dan keraguan akhirnya memberanikan diri menembus karang meloncat dan sampailah kami dibibir pantai  kembali ke tempat semula treking.

Mengetahui ada kesalahan kita dg tidak membawa guide,diputuskan kita join guide dengan salah satu rombongan dari madiun yang baru tiba di pintu masuk pulau sempu dg 50:50 payment,,