Senin, 24 Desember 2012

About 5cm

Mengulas Novel Fenomenal Dunia Ngesoters 5CM.

5cm menjadi obrolan paling hangat beberapa hari ini. 5cm yang menjadi bahan pembicaraan ini adalah judul film dari sebuah novel dengan judul yang sama. Film Indonesia yang bercerita tentang perjalanan 5 sahabat  untuk menapaki Mahameru dan mimpi-mimpi mereka masing-masing.
Pertama kali baca novel ini adalah tahun 2009, tempo hari saya membelinya di Gramedia Basuki Rachmat Malang.
Novel itu kemudian saya nobatkan menjadi salah satu novel inspiratif saya. SUATU SAAT SAYA HARUS KE MAHAMERU!! Well, novel itu juga memberi saya keyakinan bahwa semua yang kita inginkan itu harus kita yakini, yakin bisa mendapatkannya disamping itu dibantu dengan iktiar tentunya.


5cm menjadi novel favorit saya yang membuat saya makin bermimpi untuk bisa sering bepergian,menapakan kaki di pelosok-pelosok negeri,ketempat-tempat yang belum pernah terjamah ribuan kaki dan jutaan pasang mata. Hingga saat ini akhirnya mimpi traveling saya terwujud.Memang belum banyak tempat yang berhasil  saya kunjungi, namun sudah cukup intens dan alhamdulilah terscedule dengan baik.

Setelah membaca novel itu saya selalu berimajinasi bahwa  5cm bakal  difilmkan. Ternyata 3 tahun kemudian filmnya beredar tepat tanggal,12 December 2012 film 5CM lounching,dan secara langsung saya sedikit mengikuti proses syuting nya,karena kebetulan saat itu memang saya sedang berada di Semeru.,bak jamur di musim penghujan film ini laris manis di semua kalangan bahkan ADA APA DENGAN CINTA dengan tokoh Rangga & Cinta yg heboh di kala itu masih kalah laris dg 5CM,standing applous for it !!.

Tapi, yang saya khawatirkan terjadi juga. Filmnya tidak sesuai ekspektasi saya pada saat membaca novelnya. Ada beberapa scenes yang dihilangkan. Ada jalan cerita di film yang berbeda dengan di novel. dan  saya merasa beberapa pemainnya kurang representative.. Ah...sedikit kecewa memang, meskipun kerennya ranu kumbolo dan puncak Semeru terlihat jelas di sana.
Sorry, but I'll give 3 of five stars that you have.!

"Mungkin semua berubah sejak "5 cm" menyerang save semeru.Dan yang lebih miris saat ini adalah kondisi semeru yang semakin tidak terjaga saat ini .:Berdukas: save SEMERU"
 +anke junafi

Tidak ada komentar: